MATERI KELAS X SMK 3.2 MEMAHAMI KONSEP SENI

KD 3.2. Memahami konsep seni
KD 4.2. Mempresentasikan konsep seni

LINGKUP MATERI
1. Pengertian Seni
2. Cabang dan unsur Seni
3. Prinsip Seni
4. Sifat dasar Seni
5. Fungsi Seni
6. Bentuk Seni

MATERI
1. Pengertian Seni
”Seni adalah kegiatan manusia secara sadar untuk menuangkan idenya pada suatu media yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya yang memiliki unsur keindahan”.
 2. Cabang dan unsur Seni Cabang cabang seni dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah : a. Seni Rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan pengolahan unsur garis, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang dengan acuan estetika.
b. Seni Tari
Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh yang ditata secara berirama, dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Tarian sendiri diolah dengan beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.
c. Seni Musik
Seni Musik adalah sarana ekspresi seorang seniman yang diungkapkan melalui suara yang dirangkai sedemikian rupa baik dengan menggunakan alat musik maupun suara vokal. Unsur unsur dalam seni musik diantaranya adalah melodi, irama, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika, ekspresi, dan timbre.
d. Seni Teater
Seni teater adalah kesenian yang berupa pementasan drama di atas panggung. Secara spesifik, seni teater menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting para pemainnya. Unsur unsur seni teater diantaranya adalah aktor, naskah, pentas, sutradara, kostum, dan tata panggung.
e. Seni Satra
Seni sastra adalah salah satu cabang seni yang menonjolkan keindahan tutur kata dan cerita, dimana didalamnya memiliki sebuah arti dan pesan yang disampaikan. Seni sastra dapat dinikmati dengan cara dibaca dan didengarkan. Unsur unsur dalam seni sastra antara lain adalah tema, amanat, karakter, konflik, setting, plot, simbol, sudut pandang, dan bahasa.

3. Prinsip Seni
Prinsip prinsip seni dibagi sesuai dengan cabang seni yang ada, diantaranya adalah
a. Seni Rupa. Memiliki prinsip yaitu kesatuan, keselarasan, penekanan, irama, gradasi, kesebandingan, komposisi, dan keseimbangan.
b. Seni Tari. Memiliki prinsip yaitu keutuhan, keselarasan, keseimbangan, dinamika, pengulangan, transisi, dan desain dramatik.
c. Seni Musik. Memiliki prinsip yaitu irama, syair, dan alat musik
d. Seni Teater. Memiliki prinsip yaitu keseimbangan, kesatuan, irama, point interest, proporsi, dan keselarasan
e. Seni Sastra. Memiliki prinsip yaitu makna, bahasa, logat, dan tulisan.

4. Sifat dasar Seni
 Sifat dasar seni diantaranya adalah :
 a. Kreatif Seni merupakan suatu rangkaian kegiatan manusia yg selalu menciptakan realitas baru, sesuatu yang sebelumnya tidak ada atau belum pernah muncul dalam ide atau gagasan seseorang.
b. Abadi karya seni dapat hidup sepanjang masa, melampaui usia seniman itu sendiri.
c. Berkarakter karya seni yang diciptakan seorang seniman memiliki ciri yang bersifat personal, subyektif dan individual.
d. Ekspresif Dalam mengapresiasi dan menilai suatu karya seni, kita harus memaknai kriteria atau ukuran perasaan estetis. Seniman mengekspresikan perasaan estetisnya melalui karya, sedangkan penikmat seni melalui penghayatan dan perasaannya.
e. Universal Seni berkembang di seluruh dunia dan sepanjang waktu, seni tidak terpisah dari kehidupan masyarakat. Sejak jaman pra sejarah sampai saat ini, seniman terus membuat karya seni dengan beragam fungsi sesuai kebutuhan pada jamannya.

5. Fungsi Seni Untuk menyederhanakannya fungsi seni dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Fungsi Individual Merupakan suatu fungsi seni yang bermanfaat untuk kebutuhan pribadi seorang individu itu sendiri. Fungsi individual dibedakan menjadi 2 bagian, diantaranya adalah :
 1). Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik Kecakapan manusia untuk mengapresiasi suatu karya seni yang sesuai dengan apa yang dia rasakan, yang mewakili perasaannya, dan kebutuhan yang dia inginkan.
2). Fungsi pemenuhan emosional Kecakapan manusia untuk membuat suatu karya seni sesuai dengan apa yang dia rasakan, yang mewakili perasaannya, dan kebutuhan yang dia inginkan.

b. Fungsi Sosial Merupakan suatu fungsi seni yang bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan sosial suatu individu. Fungsi sosial dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah :
1). Fungsi Religi Karya seni yang membawa pesan, ciri khas, dan media seputar keagamaan yang hidup dilingkungan masyarakat.
2). Fungsi Pendidikan Karya seni yang dibawa ke dunia pendidikan dengan tujuan untuk membantu dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
3). Fungsi Komunikasi Karya seni yang dibuat dan diciptakan untuk menyampaikan sebuah pesan, yang biasanya berupa kritik sosial, kebijakan, gagasan, dan informasi guna untuk disebar luaskan kepada masayarakat sekitar dengan maksud dan tujuan tertentu.
4). Fungsi Hiburan Karya seni yang dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat, dimana karya seni tersebut dapat dijadikan sebuah hiburan untuk melepas kejenuhan atau obat untuk mengurangi kesedihan.
5). Fungsi Artistik Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman untuk mengungkapkan ide dan perasaannya ke dalam karyanya namun tidak untuk kepentingan komersil.
6). Fungsi Guna Karya seni yang dibuat dengan mempertimbangkan aspek kegunaan dan manfaat untuk menunjang kebutuhan manusia lain.
7). Fungsi Kesehatan Karya seni yang dapat dijadikan media, alat, dan bahan dalam dunia kesehatan. Karya seni yang dimaksud tentunya yang sudah dikaji manfaatnya oleh para ilmuan.

6. Bentuk Seni Bentuk seni dibagi menjadi 3, yaitu :
a. Seni Rupa Cabang seni yang menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati melalui pandangan dan rabaan.
b. Seni Pertunjukan Aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan beberapa unsur, diantaranya adalah waktu, tuang, dan seniman itu sendiri
c. Seni Sastra Bentuk seni yang menonjolkan keindahan tutur kata dan cerita. Setiap karya sastra memiliki makna dan arti yang tersirat di dalamnya.

Tugas :
1. Sebutkan dan jelaskan macam macam pembagian warna dalam unsur seni rupa
2. Jelaskan pengertian dari tempo, dinamika, dan timbre
3. Berikan contoh fungsi seni dibidang sosial yang dapat diterapkan dikehidupan sehari hari

Materi ini dapat diunduh disini

Comments

  1. Ma'af sebelumnya bisa minta tlong d share jg contoh rpp nya untuk materi smk kls x, trimakasih

    ReplyDelete
  2. Materi ini sangat membantu pak🙏🏽

    ReplyDelete
  3. Kl boleh di share jg materi konsep keindahan,jenis fungsi dan unsur seni budaya serta perkembangan seni budaya nusantara dan rpp nya.ma ksh

    ReplyDelete
  4. Materi konsep keindahan kalo ada bolah gk fi share

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts